SURVEY LOKASI USULAN PENGADAAN TANAH GUNA PELEBARAN RUAS JALAN SRAU-WATUKARUNG-DERSONO

Pengadaan Tanah merupakan kegiatan untuk mendapatkan tanah dengan cara memberikan ganti rugi kepada pihak yang melepaskan atau menyerahkan tanah, bangunan, tanaman dan benda-benda yang berkaitan dengan tanah. Dalam hal ini, Bidang Pertanahan DPKPP Kabupaten Pacitan pada pertengahan Agustus 2021, menindaklanjuti usulan pengadaan tanah yang diajukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan dengan melakukan survey lokasi.

Pengadaan tanah yang dimaksud adalah untuk meningkatkan konektivitas antarobjek wisata di wilayah barat Kabupaten Pacitan. Yakni tersedianya lahan pelebaran ruas jalan Srau-Watukarung-Dersono. Survey lokasi dilakukan, untuk mengetahui secara pasti batas-batas tanah yang perlu pembebasan hak.  Karena status tanah yang dimaksud merupakan tanah pribadi milik warga setempat. Sehingga dalam penangannnya perlu dilakukan koordinasi untuk menyepakati berbagai hal yang diperlukan. Hal tersebut untuk meminimalisir munculnya konflik antara warga dan tim pengadaan tanah.

Adapun beberapa lokasi yang dimaksudkan untuk ruas jalan Srau-Watukarung-Dersono tersebut melewati Dusun Srau Desa Candi, Dusun Kenasri Desa Jlubang dan Dusun Ketro Desa Watukarung serta Dusun Tati Desa Dersono Kecamatan Pringkuku.

Seiring dengan berkembangnya objek-objek wisata di kawasan Kabupaten Pacitan yang menarik lebih banyak minat wisatawan, secara langsung berdampak pada meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas. Hal tersebut kemudian diupayakan untuk dilakukan peningkatan sarana dan prasarana termasuk diantaranya kemudahan akses jalan. Berkenaan dengan hal itu diperlukan perbaikan akses jalan penghubung antarobjek pariwisata yaitu ruas jalan Srau -Watukarung – Dersono. Ruas jalan tersebut perlu dilakukan peningkatan kapasitas dengan melakukan pelebaran dan pembentukan badan jalan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *