SOSIALISASI DAN PERTEMUAN KECAMATAN 1 PROGRAM PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR SOSIAL DAN EKONOMI WILAYAH (PISEW) TAHUN ANGGARAN 2021

Program PISEW bertujuan untuk menyediakan atau meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan, untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah. Terbangun infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan, yang dapat berupa:

  • infrastruktur transportasi
  • infrastruktur air minum dan sanitasi
  • infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri
  • infrastruktur peningkatan prasarana pendukung pemasaran pertanian, peternakan, perikanan, industri dan pendukung kegiatan pariwisata.
  • Meningkatnya kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.
  • Mendayagunakan sumber daya dan tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

Pada Tahun Anggaran 2021, Kabupaten Pacitan mendapat Program PISEW di 3 Kecamatan dengan 2 desa untuk Desa Pusat dan Desa Penyangga. Di Kecamatan Kebonagung untuk desa pusat yaitu Desa Sidomulyo dan desa penyangga yaitu Desa Worawari. Di kecamatan Nawangan untuk desa pusat yaitu Desa Gondang dan desa penyangga yaitu Desa Mujing. Di kecamatan Tulakan untuk desa pusat yaitu Desa Gasang dan desa penyangga yaitu Desa Kalikuning.

Pertemuan Kecamatan (PK) I merupakan rangkaian tahapan kegiatan PISEW bertujuan untuk sosialisasi Program PISEW Tahun 2021, Identifikasi Potensi Kawasan, Penetapan Struktur Organisasi BPKAD, dan penandatanganan pakta integritas.

Sosialisasi dan pertemuan kecamatan telah dilaksanakan di 3 kecamatan penerima program PISEW yaitu; Kecamatan Kebonagung pada tanggal 08 April 2021, Kecamatan Nawangan tanggal 12 April 2021 dan Kecamatan Tulakan tanggal 14 April 2021.

Pelaksanaan PK I dihadiri PPK PISEW, Asisten tenaga ahli, manajemen konstruksi, fasilitator masyarakat, Tim Pelaksana Kabupaten, kecamatan, pemerintah desa, dan tokoh masyarakat.

Ketua Tim Pelaksana Kabupaten Ahmad Khusairi, ST, M.Si menyampaikan pentingnya identifikasi kawasan/survei lokasi sebelum penetepan prioritas infrastruktur yang dipilih untuk mengetahui tingkat kebutuhan masyarakat. Selanjutnya seluruh bahan/material diharapkan telah diuji di laboratorium untuk memastikan telah memenuhi standar termasuk pelaksanaan Job Mix Formula untuk pekerjaan beton.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *