BIMBINGAN TEKNIS KEBENCANAAN BIDANG PERUMAHAN OLEH DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Secara geografis, Indonesia terletak pada ring of fire sehingga menjadikan Indonesia salah satu Negara rawan terhadap bencana alam. Dalam kurun waktu belakangan ini, bencana alam yang sudah terjadi di hamper wilayah Indonesia telah mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerusakan rumah. Guna meminimalisir permasalahan tersebut, pemerintah saling berkoordinasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sebagai bentuk tanggung jawab dalam penanganan bencana baik sebelum maupun setelah bencana sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor : 24 Tahun 2007 dan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1176/KPTS/M/2019.

Berkenaan dengan hal tersebut Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR pada tanggal 3 – 4 Mei 2021 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kebencanaan Bidang Perumahan di Aria Gajayana Hotel Jl Kawi no 24, Kota Malang dan Best Practise penggunaan Aplikasi RUTENA (Rumah Terdampak Bencana) dalam pendataan dan perencanaan Rumah Terdampak Bencana di Desa Turen, Kecamatan Dampit.

Hadir pada acara sebagai peserta Bimtek : Dirjend Perumahan Kementerian PUPR; Balai Penyediaan Perumahan Wilayah Jawa IV; Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Timur; Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Bali; Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur; Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali; Dinas Perumahan dan Permukiman 38 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur; Dinas Perumahan dan Permukiman 9 Kabupaten/Kota se Provinsi Bali.

Hadir mewakili dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pacitan Sdr. Prayitno, ST, MT (Kepala Bidang Perumahan).

 

Foto pelaksanaan Bimbingan Teknis Kebencanaan Bidang Perumahan :

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *