KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN DANA ALOKASI KHUSUS T.A 2019

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah layak huni memainkan peran utama dalam mewujudkan perubahan perilaku yaitu menggunakan fasilitas sanitasi yang benar. Perumahan yang lebih baik juga memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan psikologis rumah tangga miskin. Memiliki rumah yang layak mendorong rumah tangga miskin untuk melakukan perbaikan tambahan pada rumah mereka dan modal sosial memainkan peran penting dalam prosesnya. Tinggal di rumah layak huni memiliki dampak yang kecil terhadap kenaikan pendapatan. Ini berarti bahwa rumah tangga miskin tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk mempertahankan perumahan mereka dalam kondisi baik. (kangpoer).

    Salah satu kegiatan di bidang perumahan di DINAS PKPP adalah peningkatan kualitas perumahan. Salah satu stimulan peningkatan kualitas perumahan ini menggunakan dana Alokasi Khusus.Sehingga perlu dilakukan monitoring dan evaluasi yang berhubungan dengan daftar rencana pembelian bahan bangunan (DRTPB2), untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana kegiatan tersebut sesuai dengan rencana kerja.

   Monitoring dan evauasi dilakukan di wilayah wilayah penerima bantuan yaitu di Kel. Baleharjo, Kel. Ploso, Desa Kayen, Kel. Pacitan dan Desa Sumberharjo. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi tersebut dilakukan dari tanggal 2 sampai dengan 4 Desember 2019. Dari hasil monitoring tersebut dapat diketahui bahwa progres penyaluran bahan material dan pembangunan fisik peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sudah sesuai rencana.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *