Pengadaan Tanah Untuk Sarana Umum Taman Jalur Lintas Selatan di Desa Sirnoboyo dan Arjowinangun

 

        Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam hal ini Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan merupakan salah satu komponen pembangunan daerah yang menangani pengadaan lahan untuk kepentingan umum, adapun kegiatan pengadaan tanah untuk kepentingan umum pada tahun anggaran 2018 yang telah dilaksanakan yaitu pengadaan tanah untuk sarana umum taman jalur lintas selatan di Desa Sirnoboyo dan Arjowinangun. Adapun tahapan yang dilaksanakan mulai dari survey lokasi, identifikasi kepemilikan lahan, pengumuman kepemilikan lahan, penilaian dari pihak akuntan publik (KJPP), pengumuman kesepakatan nilai pengantian wajar (NPW) beserta penandatanganan kesepakatan dan penyerahan ganti rugi tanah telah dilaksanakan.

Dari hasil proses pengadaan tanah ini teridentifikasi tiga (3) bidang tanah dengan masing – masing pemilik atas nama Tri Wahyono dengan luas 586 m2 , Ani Sumarsono dengan luas 613 m2 , Pawit dengan luas 628 m2 . Adapun proses penyerahan ganti rugi dilaksanakan di Kantor Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pacitan dalam bentuk dana total nilai Rp. 2.127.395.340,-, yang sudah masuk dalam rekening tabungan masing – masing pemilik tanah, dan di saksikan oleh tim pelaksana pengadaan tanah antara lain Kepala Seksi Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Desa Arjowinangun, Camat Pacitan serta pihak tim dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pacitan.

Sejauh ini dalam proses pengadaan tanah untuk sarana umum taman tidak mengalami kendala yang signifikan dan hasil dari proses penggadaan tanah ini telah diterima dengan baik, walaupun ada beberapa tahapan yang memang memerlukan waktu lama dan tingkat kesabaran yang tinggi untuk memberikan penjelasan terkait aturan dan dasar hukum pengadaan tanah untuk kepentingan umum kepada masyarakat khususnya pemilik tanah. Dalam proses pengadaan tanah memang diperlukan adanya terobosan – terobosan proses pengadaan guna meminimalisir terjadinya konflik dimasyarakatan terkait pemahaman ganti rugi tanah.

4 thoughts on “Pengadaan Tanah Untuk Sarana Umum Taman Jalur Lintas Selatan di Desa Sirnoboyo dan Arjowinangun”

    1. terimakasih atas kunjungannya di website kami.. Kami akan terus mengupdate info untuk masyarakat, jika ada kritik maupun saran silahkan hubungi kami melalui website maupun Layanan Pengaduan di wadule.pacitankab.go.id , terimakasih.

    1. terimakasih atas kunjungannya di website kami.. Kami akan terus mengupdate info untuk masyarakat, jika ada kritik maupun saran silahkan hubungi kami melalui website maupun Layanan Pengaduan di wadule.pacitankab.go.id , terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *